Selasa, 23 April 2019

Kenalan Yuk Dengan Pencipta Android

Menyebut android, rasanya nama ini sudah demikian terkenal di seluruh dunia. Namun pernahkah Anda bertanya mengapa lambangnya robot dan siapa sih penciptanya?

Andy Rubin, laki-laki kelahiran New Bedford 22 Juni 1946. Inilah sosok dibalik sistem operasi yang sangat sukses menghiasi ponsel-ponsel pintar generasi akhir. Rubin ialah enterpreneur yang pantang menyerah. Jauh sebelum bergabung dengan Google ia beberapa kali membangun perusahaan dan hancur. Kemudian membuat perusahaan gres lagi dengan ide-ide baru, kemudian gulung tikar lagi.

Rubin pernah bekerja di perusahaan Apple di bab manufaktur. Ia bekerja di bawah kepemimpinan CEO John Sculley pada 1989, sebelum Steve Jobs mengambil alih kepemimpinan. Namun kariernya di Apple tidaklah mulus ketika Andy dipindahkan ke bab riset dan bekerja di anak perusahaan Apple, General Magic.

Anak perusahaan Apple itu berfokus pada pembuatan piranti lunak dan menghasilkan Magic Cap. Namun sayang Magic Cap sepi peminat dan General Magic alhasil gulung tikar.

Mantan karyawan dan veteran Apple kemudian setuju membangun perusahaan gres berjulukan Artemis Research pada 1995. Perusahaan yang berfokus pada pengembangan tayangan televisi yang digabung dengan internet, dan berganti nama menjadi MSN TV. Perusahaan itu diakuisisi oleh Microsoft, dan alhasil Andy keluar dari perusahaan pada 1999, menyewa sebuah ruko di Palo Alto, California, dan memuaskan dahaganya untuk membuat aneka macam macam robot.

Oh ya, ketika Rubin lulus kuliah ia bekerja di bab robotika pada perusahaan Carl Zeiss A.G. Dari sinilah minatnya pada dunia robot semakin menjadi-jadi. Karena ini pula yang jadi alasan android ciptaannya menggunakan lambang robot.

Ok, kembali ke tahun 1999 ketika Rubin menyewa ruko dan membuat robot, ia juga alhasil membuka perusahaan lagi. Kali ini idenya berbagi sebuah perangkat laiknya ponsel yang mempunyai kelebihan untuk mengakses data pada perusahaan berjulukan Danger Inc. Seperti PDA, namun Andy menyampaikan perangkatnya bukanlah PDA, tapi lebih dari itu. Ia menyebutnya Sidekick. Hingga alhasil perusahaan kembali dibeli Microsoft dan Andy lagi-lagi keluar di tahun 2003.

Setahun sebelum keluar dari perusahaan yang diakuisisi Microsoft tersebut, Rubin sempat memperlihatkan kuliah tamu pada suatu universitas perihal keunggulan Sidekick di tahun 2002. Pada ketika itu pula pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin, mengikuti kuliah tersebut. Petinggi Google menghampiri Andy seusai kegiatan dan amat tertarik dengan idenya. Dan lagi-lagi Andy membangun perusahaan gres berjulukan Android Inc pada 2003 dengan berbagi kegiatan Sidekick. Hingga pada 2005 Android dibeli oleh raksasa Google. Dan mulai ketika itulah Android menjadi sistem operasi ponsel-ponsel di seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop